Artikel: 5.2. Meningkatkan Memori Anda | HBS Blog

  • 5 min read
  • Mar 29, 2017

Mengembangkan kemampuan Anda buat mengingat

Seberapa baik Anda jangan lupa?.

Apakah Anda sering tidak dapat mengingat sebuah fakta penting atau angka? Apakah Anda lupa nama orang pada saat-saat terburuk?

Apakah Anda pernah bertanya pertanyaan, dan Anda harus  tahu jawabannya, tetapi Anda berjuang untuk membentuk sebuah jawaban cerdas?

Ini adalah model generik di mana memori yang baik merupakan penting.

Memori lebih dari mengingat informasi buat ujian atau permainan trivia. Ini adalah keterampilan pekerjaan krusial yang Anda bisa menyebarkan & mempertinggi. Apakah itu mengingat statistik kunci selama perundingan , atau mengutip tindakan preseden saat menciptakan keputusan, atau terkesan klien menggunakan pengetahuan Anda tentang lini produk mereka – kemampuan Anda buat mengingat merupakan keuntungan besar .

Orang menggunakan kenangan yg baik sering dilihat sebagai pengetahuan, cerdas, kompeten, dan bisa diandalkan. Dan ada poly teknik yg dapat Anda gunakan buat menyebarkan kemampuan Anda sendiri buat mengingat keterangan – dan kemudian mengingatnya kapan dan di mana Anda membutuhkannya.

Merawat Kesehatan Anda

Dasar buat memori yg baik adalah pikiran dan tubuh yg sehat. Anda nir mampu berharap otak Anda buat fungsi yang terbaik jika Anda tidak merawat tubuh yang feed itu.

Berikut merupakan beberapa gosip kunci yg Anda perlu alamat:

  • Makan dengan baik – Pastikan kunci vitamin dalam diet Anda, termasuk asam folat, vitamin B12, dan antioksidan. Ini meningkatkan ketajaman pikiran. Jika perlu, mengonsumsi suplemen vitamin.
  • Minum banyak air – Kebanyakan dari kita mengalami dehidrasi dan bahkan tidak tahu itu. Bila Anda tidak minum cukup air, tubuh dan pikiran anda menjadi lemah dan lelah. Air membuat sel darah merah yang lebih aktif dan memberi Anda lebih banyak energi.
  • Dapatkan tidur yang cukup – Selama tidur, mengisi kembali otak Anda sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak memerlukan tidur Anda untuk mengubah kenangan baru ke dalam kenangan jangka panjang.
  • Mengelola stres secara efektif – stres berkelanjutan telah banyak efek kesehatan yang merugikan. Pengkajian/belajar  untuk membatasi dan mengontrol stres dalam hidup Anda. Gunakan teknik relaksasi fisik , kesadaran pikiran dan berpikir positif rasional , dan citra untuk mengurangi tingkat stres Anda.
  • Jangan miras – Batasi kafein dan alkohol (alkohol yang berlebihan serius dapat mempengaruhi memori jangka pendek Anda). Dapatkan cukup berolahraga.

Tips kesehatan dasar memungkinkan Anda buat memaksimalkan kemampuan otak Anda.

Gunakan Mnemonik

Mnemonik adalah alat sederhana meningkatkan memori yang membantu Anda terhubung sehari-hari, mudah diingat item dan ide-ide untuk informasi yang ingin Anda ingat. Kemudian, dengan mengingat item ini sehari-hari, Anda juga dapat mengingat apa yang Anda inginkan untuk diingat.

Ada banyak teknik mnemonik:

  • Teknik Nomor / Rhyme – ini memungkinkan Anda untuk mengingat daftar memerintahkan. Mulailah dengan kata standar yang berima dengan nomor (kami sarankan 1 – Bun, 2 – Sepatu, 3 – Pohon, 4 – Door, 5 – Hive, 6 – Batu bata, 7 – Surga, 8 – Gerbang, 9 – Line, 10 – Hen). Kemudian membuat suatu gambar yang rekan masing-masing dengan hal yang Anda sedang mencoba mengingat. Untuk mengingat daftar negara-negara Amerika Selatan dengan menggunakan nomor / sajak, Anda mungkin mulai dengan:
    • Satu – Bun / Kolombia: Sebuah BUN dengan kolom dari sebuah kuil Yunani keluar dari itu.
    • Dua – Sepatu / Venezuela: Venus de Milo keluar dari laut di sebuah SEPATU.
    • Tiga – Pohon / Guyana: Teman panggilan GUY dan Anna duduk di sebuah POHON.
    • Empat – Pintu / Ekuador: Sebuah PINTU dalam bentuk lingkaran / dunia dengan Equator emas berjalan di sekitarnya.
  • Sistem Nomor / Shape – sini, membuat gambar yang berhubungan dengan bentuk masing-masing nomor, dan menghubungkan gambar-gambar ke item dalam daftar Anda. Mari kita gunakan contoh yang sama:
    • Satu – Tombak / Columbia: Batang Spear adalah tiang marmer tipis.
    • Dua – Swan / Venezuela: Kali ini, Venus adalah berdiri di belakang sebuah SWAN.
    • Tiga – Kacamata BIFOCAL / Guyana: GUY baru saja diinjak kacamata Anna. Dia sangat lintas!
    • Empat – Keanekaragaman / Ekuador: Kapal yang berlayar melintasi garis khatulistiwa emas pada bola dunia.
  • Teknik Alphabet – Ini bekerja baik untuk daftar lebih dari 9 atau 10 item (lebih dari 10, teknik-teknik sebelumnya dapat terlalu sulit). Dengan sistem ini, bukannya mencari kata yang berima dengan nomor tersebut, Anda mengaitkan hal-hal yang ingin Anda ingat dengan surat tertentu dari alfabet, dari A sampai Z. Ini adalah cara yang efisien untuk mengingat daftar memerintahkan hingga 26 item.
  • Sistem Perjalanan – Dalam pikiran Anda, pikirkan tentang perjalanan akrab atau perjalanan: Misalnya, Anda mungkin pergi dari kantor Anda ke rumah Anda. Mengasosiasikan hal-hal yang ingin Anda ingat dengan setiap tengara di perjalanan Anda. Dengan perjalanan yang cukup lama, cukup dikenal baik, Anda bisa mengingat banyak hal!
  • Ruang Romawi Sistem (Loci Metode) – Teknik ini menggunakan lokasi untuk merangsang memori Anda. Hubungkan daftar Anda dengan item yang Anda lihat dalam sebuah ruangan yang akrab atau lokasi. Anda mungkin menemukan asosiasi dengan hal-hal di dapur Anda, di kantor Anda, atau di toko kelontong akrab.

Pemetaan Pikiran

Peta pikiran (juga disebut konsep peta atau peta memori) adalah cara yang efektif untuk menghubungkan ide dan konsep di otak Anda, dan kemudian “melihat” koneksi langsung. Pemetaan pikiran merupakan teknik mencatat yang mencatat informasi dengan cara yang menunjukkan Anda bagaimana berbagai potongan informasi yang cocok bersama. Ada banyak kebenaran dalam mengatakan “Sebuah gambar berbicara seribu kata”, dan peta pikiran menciptakan sebuah “gambar” mudah-ingat informasi yang Anda mencoba untuk mengingatnya.

Teknik ini sangat bermanfaat untuk meringkas & menggabungkan fakta dari aneka macam sumber. Hal ini juga memungkinkan Anda buat berpikir mengenai masalah yang kompleks secara terorganisasi, & lalu menyajikan temuan anda pada suatu cara yang menampakan rincian dan citra akbar.

Peta pikiran itu sendiri merupakan produk akhir yang bermanfaat. Namun, proses pembuatan peta hanya sebagai bermanfaat untuk memori Anda. Pas semua potongan, dan mencari koneksi, memaksa Anda untuk benar-benar memahami apa yang Anda pengkajian/belajar  – dan itu membuat Anda dari mencoba untuk hanya menghafal.

Tantangan Otak Anda

Seperti bagian lain berdasarkan tubuh Anda, pikiran Anda perlu olahraga. Anda dapat melatih otak Anda dengan menggunakannya pada cara yang tidak sinkron, secara teratur. Coba ini dia:

  • Pelajari keterampilan baru atau mulai hobi – Cari kegiatan yang membangun keterampilan Anda biasanya tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sebagai contoh, jika Anda bekerja dengan angka-angka sepanjang hari, mengembangkan sisi kreatif Anda dengan kelas seni atau fotografi.
  • Gunakan visualisasi secara teratur – Karena banyak memori melibatkan menghubungkan dan mengingat gambar, penting untuk membangun keterampilan ini. Dapatkan banyak berlatih dengan ini!
  • Tetap aktif secara sosial – Ketika Anda berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang, Anda harus waspada. Hal ini membantu menjaga otak Anda kuat dan hidup.
  • Fokus pada hal-hal penting – Anda tidak mungkin mengingat semuanya, jadi pastikan Anda memberikan otak Anda hal-hal penting untuk dilakukan – dan tidak membebani dengan “sampah.” Para “sampah masuk, sampah keluar” filosofi bekerja dengan baik di sini.

Tip:

Meskipun krusial untuk berbagi memori yang baik, mengingat hal yg tidak perlu (misalnya tugas yang perlu Anda lakukan, atau hal-hal yang Anda perlu membeli) adalah kerja keras. Terlebih lagi, lantaran mengkonsumsi memori jangka pendek, mereka dapat mengurangi kemampuan Anda buat berkonsentrasi pada hal lain. Mereka jua dapat meninggalkan Anda stres, lantaran anda berjuang buat mengingat seluruh hal yg harus Anda lakukan.

Menulis hal-hal di atas Anda to-do list ! Dengan cara ini, Anda tidak harus mengingat semuanya. Dan jika memori Anda gagal, Anda tahu di mana mencari informasi yang Anda butuhkan.

  • Menjaga otak Anda aktif dengan permainan memori dan teka-teki – Cobalah Sudoku, catur, scrabble, dan Twist Firman serta permainan trivia, pencocokan pasangan, dan teka-teki. Ini adalah cara populer untuk berlatih menghafal sambil bersenang-senang. Dan menjelajahi otak pelatihan situs seperti Lumosity sebagai cara pepping pikiran Anda.

Poin Penting :

Memori Anda merupakan aset berharga yg Anda wajib melindungi & membuatkan. Bahkan apabila Anda tidak lagi wajib menghafal kabar buat ujian, kemampuan buat mengingat dengan cepat & seksama selalu penting.

Entah itu mengingat nama seseorang yang Anda bertemu di sebuah konferensi bulan lalu, atau mengingat angka penjualan dari kuartal terakhir, Anda harus mengandalkan memori Anda. Pengkajian/belajar  dan berlatih teknik di atas untuk menjaga pikiran Anda sehat.

Anda hanya memiliki satu otak – sebagai akibatnya memperlakukannya menggunakan baik, memberikan poly latihan, dan tidak mendapat begitu saja. Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan membutuhkan keterampilan buat sebagai yg Bab Selanjutnya

Home | Bab Sebelumnya | Menu | Bab Selanjutnya

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =