Menu
Desain Rumah – Desain Interior – Bangun Rumah – Renovasi Rumah

Artikel: 5. Konsentrasi dan Fokus | HBS Blog

  • Share

5.1. Meningkatkan Konsentrasi Anda

Mencapai Fokus di tengah Gangguan

Anda dan tugas Anda: Tidak ada lagi lainnya.

Berapa kali Anda duduk di meja Anda dan mencoba untuk fokus pada tugas, hanya untuk menemukan bahwa pikiran Anda berkelana?

Meskipun niat terbaik Anda, Anda tidak bisa berkonsentrasi. Kita semua mengalami situasi seperti ini, akrab dengan frustasi, dan itu adalah sesuatu yang benar-benar dapat merusak kinerja Anda.

Pada artikel ini, kami akan meninjau strategi untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi gangguan harian Anda.

Lingkungan

Lingkungan kerja pribadi Anda memainkan peran besar dalam kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Lebih nyaman dan ramah lingkungan Anda, semakin mudah kemungkinan akan bagi Anda untuk tinggal di sana dan fokus.

Berikut adalah beberapa ide untuk meningkatkan lingkungan fisik Anda:

  • Pastikan Anda merasa nyaman – Mulailah dengan memastikan bahwa kursi dan meja berada pada ketinggian yang tepat bagi Anda untuk bekerja dengan nyaman. Jika kursi Anda terlalu tinggi atau meja Anda terlalu rendah, Anda akan tidak nyaman, dan Anda akan tergoda untuk menggunakan ini sebagai alasan untuk bangun dan berjalan menjauh.
  • Memasang foto – Melihat pemandangan alam atau menonton satwa liar dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Jika Anda dapat memasang foto di kantor atau area kerja, kemudian pilih pemandangan atau gambar alami yang Anda nikmati. Hal ini dapat membantu fokus Anda, terutama jika Anda bisa melihat gambar dari meja Anda.
  • Menutup gangguan sebisa mungkin – Mendengarkan musik dapat membantu, terutama jika itu musik instrumental. Beberapa orang bahkan menggunakan mesin kebisingan di kantor mereka – ini menghasilkan “suara putih,” stabil seperti gelombang laut atau hujan jatuh. Ini kebisingan latar belakang stabil dapat menenggelamkan kebisingan lain, membantu Anda lebih fokus dan mengabaikan gangguan.

Nutrisi

Ikuti beberapa tips sederhana gizi:

  • Minum air – Banyak dari kita tidak berpikir tentang minum air sementara kita sedang bekerja, namun dehidrasi dapat membuat kita merasa lelah, mudah tersinggung, lambat, atau bahkan sakit. Ketika otak kita tidak punya cukup cairan, mereka tidak dapat beroperasi pada kinerja puncak. Tetap terhidrasi adalah cara mudah untuk membantu meningkatkan konsentrasi Anda sepanjang hari.
  • Sarapan – Mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat. Ini jauh lebih sulit untuk berkonsentrasi ketika Anda lapar, jadi makan makanan yang baik-bulat sebelum Anda pergi bekerja. Anda juga dapat membantu konsentrasi Anda sepanjang hari dengan menjaga makanan sehat di meja Anda. Almond, biskuit gandum, buah segar, dan sayuran adalah pilihan yang baik.
  • Bangun dan bergerak di sekitar – Apakah Anda berjalan-jalan di siang hari? Jika Anda seperti banyak orang, Anda mungkin tidak bergerak cukup. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan teratur dapat membantu meningkatkan fokus Anda sepanjang hari.

Mindset

Gangguan konstan, dan produktivitas rendah yang terkait dengan gangguan ini, telah menjadi begitu biasa di kantor hari ini bahwa dokter bahkan memberikannya nama: Perhatian Ciri Defisit, atau ADT. Dan, mereka mengatakan bahwa seluruh organisasi dapat menderita dari itu.

Ikuti beberapa petunjuk ini untuk membantu memfokuskan pikiran Anda:

  • Sisihkan waktu untuk berurusan dengan kekhawatiran – Banyak dari kita memiliki kesulitan berkonsentrasi pada siang hari karena kita terus-menerus mengkhawatirkan hal-hal lainnya. Ini bisa menjadi mendekati tenggat waktu untuk sebuah proyek Anda belum mulai, seorang rekan baru yang yang menyebabkan masalah, atau hanya jumlah pekerjaan di meja Anda. Jika Anda menemukan diri Anda terganggu oleh kekhawatiran, maka perhatikan ini ke bawah sehingga Anda tidak perlu untuk menahan mereka dalam pikiran Anda. Kemudian jadual waktu untuk menangani masalah ini.
  • Fokus pada satu tugas pada satu waktu – Hal ini dapat jauh lebih sulit untuk fokus jika Anda mengambil minibreaks (15-30 detik) untuk menjawab email, mengirim pesan teks, atau melakukan panggilan telepon cepat. Beberapa peneliti percaya bahwa itu bisa memakan waktu hingga 15 menit bagi kami untuk mendapatkan kembali fokus selesai setelah gangguan.
  • Tutup kotak email Anda dan program chatting – Biarkan pesan suara Anda melakukan tugasnya. Jika kantor Anda memungkinkan, menutup pintu kantor Anda atau memasang “Jangan Ganggu” tanda untuk membiarkan rekan-rekan tahu Anda harus fokus. (Jika Anda seorang manajer dan Anda ingin mengoperasikan kebijakan pintu terbuka, kemudian mempertimbangkan bekerja dari rumah atau dari tempat lain.)
  • Beralih antara tinggi dan rendah-perhatian tugas – ini dapat memberikan otak Anda beristirahat setelah konsentrasi berat. Misalnya, jika Anda menghabiskan dua jam kerja pada anggaran departemen Anda, Anda mungkin akan merasa lelah sesudahnya. Anda dapat mengisi ulang energi Anda dengan bekerja pada tugas perhatian rendah, seperti pengarsipan, selama 15 menit sebelum kembali ke anggaran Anda.
  • Prioritaskan – Memiliki terlalu banyak yang harus dilakukan dapat mengganggu, dan ini kadang menyebabkan penundaan. Atau, Anda dapat dengan cepat melompat dari satu tugas ke tugas, menciptakan ilusi bekerja – tetapi dalam kenyataannya, Anda tidak mencapai sangat banyak. Jika Anda tidak yakin tugas mana yang harus memulai atau yang paling penting, mengambil 10 atau 15 menit untuk memprioritaskan daftar agenda Anda. Artikel kami Mengatasi Penundaan juga dapat membantu.

Membatasi gangguan memungkinkan Anda untuk masuk ke aliran pekerjaan Anda – sehingga Anda mendapatkan lebih banyak dilakukan. Jika Anda ingin belajar tentang meningkatkan fokus Anda, membaca artikel Pola Pikiran Arus Masuk dan Mengelola Interupsi .

Tips untuk Meningkatkan Lebih Konsentrasi Anda

  • Ambil istirahat singkat – Kita bisa menjadi tuan di fokus, tapi akhirnya kita akan butuh istirahat. Pikiran kita dapat berjuang untuk fokus pada tugas-tugas intensif selama delapan jam sehari. Ini adalah tempat yang dapat lebih baik untuk membagi pekerjaan Anda ke dalam satu segmen jam, dengan istirahat 5-10 menit antara tugas-tugas. Istirahat singkat ini akan memungkinkan pikiran Anda untuk beristirahat sebelum fokus lagi.
  • Melakukan tugas-tugas Anda yang paling sulit ketika Anda paling waspada – Ini akan membantu Anda memaksimalkan konsentrasi Anda. Apakah Anda ingin belajar bagaimana untuk menjadualkan tugas-tugas Anda di sekitar tingkat energi Anda? Baca artikel kami ” Apakah ini Tugas Pagi?
  • Menggunakan headset telepon – Jika anda memiliki headset untuk telepon Anda, pertimbangkan untuk menggunakan untuk beberapa jam setiap hari. Jika rekan Anda berpikir Anda di telepon, mereka cenderung mengganggu Anda.
  • Berjanjilah pada diri sendiri hadiah – Misalnya, membuat aturan bahwa jika Anda berfokus secara intensif selama 45 menit pada satu tugas, Anda dapat mengambil istirahat untuk mendapatkan secangkir kopi ketika Anda sudah selesai. Sedikit “penghargaan diri” sering bisa menjadi motivator yang besar.
  • Jadual download email – Hal ini dapat sangat mengganggu untuk memiliki ping ke inbox email Anda setiap beberapa menit – Anda tergoda untuk berhenti apa yang Anda lakukan, dan jawaban mereka segera. Jika Anda bisa, jadual email Anda untuk men-download hanya beberapa kali setiap hari, dan menangani semua email dalam satu pergi.

Poin Penting :

Duduk untuk fokus pada satu tugas dapat sulit, terutama ketika Anda terus-menerus terganggu. Untuk membantu meningkatkan fokus Anda, mulailah dengan sarapan yang baik, dan minum banyak air sepanjang hari. Jangan multitask, tutup pintu Anda, dan mendengarkan musik jika itu membantu Anda berkonsentrasi. Walaupun mungkin terdengar agak kontra-intuitif, mengambil pendek, istirahat teratur sepanjang hari juga dapat membantu Anda fokus.

Home | Bab Sebelumnya | Menu| Bab Selanjutnya

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.